Hsi Ilmu 02 - Pengagungan terhadap Ilmu Bagian 2

 

*Hsi Ilmu 02 - Pengagungan terhadap Ilmu Bagian 2*

Selasa, 14/08/2018

5. Menempuh jalan yg benar di dalam menuntut ilmu agama.
Orang yg salah cara di dalam menuntut ilmu maka dia tidak akan mendapatkan keinginannya atau mendapatkan sedikit disertai rasa lelah yg sangat.
Dan cara yg benar di dalam mempelajari satu cabang ilmu dengan cara:
5.1. Menghafal sebuah matan kitab yg menyeluruh. Dan dia mengumpulkan perkara2 yg rojih atau yg dikuatkan menurut para ulama dibidang tersebut.
5.2. Mempelajari ilmu tsb dari seorang yg ahli yg bisa dijadikan teladan dan dia mampu mengajar.

6. Mendahulukan ilmu yg paling penting kemudian yg setelahnya dan setelahnya. Dan ilmu yg paling penting adalah ilmu yg berkaitan dengan ibadah seseorang kepada Allah. Dan yg paling penting adalah ilmu yg berkaitan dengan ubudiyah seseorang kepada Allah Azzawajalla. Seperti ilmu akidah, tata cara wudhu, tata cara sholat, dll.

7. Bersegera untuk mendapatkan ilmu dan memanfaatkan waktu muda. Karena waktu muda adalah waktu yg emas utk mempelajari ilmu agama. 

Berkata al Hasan al Basri rohimahullah, menuntut ilmu di waktu kecil seperti mengukir di batu. Adapun apabila sudah tua, maka kebanyakan manusia akan memiliki banyak kesibukan, fikiran dan memiliki banyak koneksi. Kalau ia bisa mengatasi itu semua maka Insya Allah ia mendapatkan ilmu. 

Para sahabat Nabi Saw dahulu mempelajari agama dan mereka sudah berumur.

8. Pelan-pelan di dalam menuntut ilmu. Karena menuntut ilmu tidak bisa dilakukan serta merta sekali jalan tetapi diambil ilmu secara pelan-pelan dengan memulai kitab-kitab yg ringkas, menghafal dan memahami maknanya dan jangan kita memulai menuntut ilmu dengan membaca kitab-kitab yg panjang.

Wassalaamu'alaikum warohmatulloohi wabarokaatuh.

DR. Abdullah Roy.
Di kota Pandeglang.

Komentar