Hsi Belajar Tauhid 12 - Berdoa kepada selain Allah Swt adalah Syirik besar

 *Hsi Belajar Tauhid 12 - Berdoa kepada selain Allah Swt adalah Syirik besar*

Selasa, 18/09/2018
Berdoa kepada Allah adalah seseorang menghadap Allah Swt dengan maksud supaya Allah mewujudkan keinginannya, baik dengan meminta atau dengan merendahkan diri, mengharap dan takut kepada Allah Swt.
_Berdoa dengan makna di atas adalah ibadah._

Berkata An-Nu'man ibnu Basyirin radhiallahuanhu, aku mendengar Nabi Saw bersabda:
"Berdoa adalah ibadah". Kemudian beliau Saw membaca ayat:
{وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ ۚ إِنَّ الَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِي سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ} [غافر : 60]

Artinya:
_"Dan telah berkata Robb kalian, berdoalah kalian kepadaKu, niscaya Aku akan mengabulkan untuk kalian. Sesungguhnya orang-orang yg sombong dari beribadah kepadaKu, mereka akan masuk ke dalam Neraka jahannam dalam keadaan terhina." [Surah Al-Ghoofir:60]. [HR. Abu Dawuud, At-Tirmidzi, Ibnu Majah. Dan hadits ini di shohihkan oleh syaikh Al-Albani rahimahullah]_

Dan makna beribadah kepadaKu pada ayat ini adalah berdoa kepadaKu.

Apabila doa adalah ibadah yg merupakan hak Allah Swt semata maka berdoa kepada selain Allah dengan merendahkan diri dihadapannya, mengharap dan juga takut kepadanya (sebagaimana dia mengharap dan takut kepada Allah) adalah termasuk syirik besar.

Termasuk jenis doa adalah:
1. Istighosah yaitu meminta dilepaskan dari kesusahan.
2. Istiadzah yaitu meminta perlindungan.
3. Istianah yaitu meminta pertolongan.

Apabila di dalamnya ada perendahan diri, pengharapan dan takut maka ini adalah ibadah yg hanya boleh diserahkan kepada Allah Swt semata.

Namun perlu diketahui bahwasanya boleh seseorang beristighosah, beristiadzah dan beristianah kepada mahluk dengan 4 syarat berikut:
1. Mahluk tersebut masih hidup.
2. Dia berada di depan kita atau bisa mendengar ucapan kita.
3. Dia mampu sebagai mahluk utk melakukannya.
4. Mahluk tersebut diyakini hanya sebagai sebab sehingga tidak boleh bertawakal kepada sebab tersebut akan tetapi bertawakal kepada Allah Swt yg menciptakan sebab tersebut.

Orang yg beristighosah, beristiadzah dan beristianah kepada orang yg sudah mati atau kepada orang yg masih hidup akan tetapi tidak berada di depan kita atau tidak mendengar ucapan kita atau meminta kepada mahluk perkara yg tidak mungkin bisa melakukannya kecuali Allah maka ini termasuk syirik besar.

Wassalaamu'alaikum warohmatulloohi wabarokaatuh.

DR. Abdullah Roy.
Di kota Al-Madinah.

Komentar