Hsi Belajar Tauhid 07 - Termasuk Syirik Memakai Jimat

 *Hsi Belajar Tauhid 07 - Termasuk Syirik Memakai Jimat*

Selasa, 11/09/2018
Allah Swt adalah Zat yg memberikan manfaat dan mudhorot. Kalau Allah menghendaki utk memberikan manfaat kepada seseorang maka tidak akan ada yg bisa mencegahnya.
Demikian pula sebaliknya, ketika Allah menghendaki utk menimpakan musibah kepada seseorang maka tidak akan ada yg bisa menolaknya.

Keyakinan tersebut melazimkan kita sebagai seorang muslim untuk hanya bergantung kepada Allah Swt semata dan merasa cukup dengan Allah di dalam usaha mendapatkan manfaat dan menghindari mudhorot. Seperti dalam mencari rezeki, mencari keselamatan, kesembuhan dari penyakit, dll. Serta tidak bergantung sekali-kali kepada benda-benda yg dikeramatkan seperti jimat, wafa', susuk dan sejenisnya.

Rasulullah Saw mengingatkan:
"Barangsiapa yg menggantungkan tamimah yaitu jimat dan  sejenisnya maka ia telah berbuat syirik." [HR. Ahmad dan di shohihkan oleh Syaikh Al-Albani rohimahillaah].

Apabila seseorang meyakini bahwa barang tersebut adalah sebab saja maka hal itu termasuk syirik kecil. Karena dia telah menjadikan sesuatu yg bukan sebab sebagai sebab. Padahal yg berhak menentukan sesuatu sebagai sebab atau tidak adalah Zat yg menciptakannya yaitu Allah.

Perlu diketahui bahwa dosa syirik kecil tidak bisa disepelekan. Karena dosa syirik kecil tetap lebih besar daripada dosa-dosa besar seperti dosa zina, dosa membunuh, dll.

Kemudian, apabila seseorang meyakini bahwa barang tersebut dengan sendirinya memberikan manfaat dan memberikan mudhorot maka hal itu termasuk syirik besar yg mengeluarkan seseorang dari Islam.

Semoga Allah Swt memudahkan saudara-saudara kita utk meninggalkan perbuatan syirik yg sudah tersebar ini dan menjadikan ketergantungan hati kita dan mereka hanya kepada Allah. 
Hasbunallaahu wa ni'mal wakiil.

Wassalaamu'alaikum warohmatulloohi wabarokaatuh.

DR. Abdullah Roy.
Di kota Al-Madinah.

Komentar