Hsi Belajar Tauhid 08 - Bertabarruk (Mencari Barokah)

 *Hsi Belajar Tauhid 08 - Bertabarruk (Mencari Barokah)*

Rabu, 12/09/2018
Barokah adalah banyaknya kebaikan dan langgengnya.
Allah Swt adalah Zat yg berbarokah. Artinya zat yg banyak kebaikannya.

Allah Swt berfirman:
{...تَبَارَكَ اللَّهُ رَبُّ الْعَالَمِينَ} [الأعراف : 54]
Artinya:
_"Dialah Allah yg banyak barokahNya, Rob semesta alam." [Al-A'roof:54]._

Allah jugalah zat yg memberikan keberkahan atau kebaikan kepada sebagian mahluknya. Sehingga mahluk tersebut menjadi mahluk yg berbarokah dan banyak kebaikannya.

Allah Swt berfirman:
{إِنَّ أَوَّلَ بَيْتٍ وُضِعَ لِلنَّاسِ لَلَّذِي بِبَكَّةَ مُبَارَكًا وَهُدًى لِّلْعَالَمِينَ} [آل عمران : 96]

Artinya:
_"Sesunggunya rumah yg pertama yg diletakkan bagi manusia utk beribadah adalah rumah yg ada di Makkah yg berbarokah dan petunjuk bagi seluruh alam". [Ali 'Imroon:96]._

Ka'bah diberikan barokah oleh Allah Swt. Dan cara mendapatkan barokahnya adalah dengan melakukan ibadah di sana.

Allah Swt berfirman:
{إِنَّا أَنزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةٍ مُّبَارَكَةٍ ۚ إِنَّا كُنَّا مُنذِرِينَ} [الدخان : 3]

Artinya:
_"Sesungguhnya Kami telah menurunkannya yaitu Al-Quran pada malam yg berbarokah. Sesungguhnya kami memberi peringatan." [Surat Ad-Dukhoon:3]._

Malam lailatul qodar adalah malam yg berbarokah. Cara mendapatkan barokah dan kebaikannya adalah dengan melakukan ibadah di malam tersebut.

Seorang ulama berbarokah dengan ilmunya dan dakwahnya. Cara mendapatkan barokahnya dan kebaikannya adalah dengan menimba ilmu darinya.

Di sana ada barokah yg sifatnya zatiyah yaitu zatnya yg berbarokah. Dimana barokah seperti ini bisa berpindah. Barokah jenis ini hanya Allah Swt berikan kepada para Nabi dan Rosul.
Oleh karena itu, dahulu para sahabat Nabi Saw bertabarruk dengan bekas air wudhu beliau, rambut beliau, keringat beliau, dll.
Sepeninggal beliau Saw, mereka tidak melakukannya terhadap Abu Bakar, Umar dan para sahabat mulia yg lain. Hal itu menunjukkan bahwa ini adalah kekhususan para Nabi dan Rosul.

Meminta barokah hanya kepada Allah Swt dengan cara yg disyariatkan. Adapun meminta barokah dari Allah Swt dengan sebab yg tidak disyariatkan, seperti mengusap dinding mesjid tertentu atau mengambil tanah kuburan tertentu dan lain-lain, maka ini termasuk syirik kecil.

Semoga Allah Swt memberkahi kita dan keluarga kita.

Wassalaamu'alaikum warohmatulloohi wabarokaatuh.

DR. Abdullah Roy.
Di kota Al-Madinah.

Komentar