Hsi 04 - Mengenal Allah Subhanahuwata'ala sebagai Pengatur Alam Semesta

 Alhamdulillah. Washolatu wasalamu 'ala rosulillaah. Wa'ala alihi washohbihi ajma'in.

*Mengenal Allah Subhanahuwata'ala sebagai Pengatur Alam Semesta*

Kamis, 15/11/2018
Dialah Allah Subhanahuwata'ala yg mengatur alam semesta ini. Mematikan mahluk dan menghidupkan. Memuliakan mahluk dan menghinakan. Mengganti siang menjadi malam dan malam menjadi siang. Menerbitkan matahari dan menenggelamkan.

Allah Subhanahuwata'ala berfirman:
{يُدَبِّرُ الْأَمْرَ ...َ} [السجدة : 5]

Artinya:
_"Dialah Allah yg mengatur seluruh perkara..." [As-Sajdah:5]._

Tidak ada yg mengatur selain Allah Subhanahuwata'ala. Dialah Allah Subhanahuwata'ala yg menerbitkan Matahari dari sebelah Timur. Maka siapa selain Allah yg bisa menerbitkan Matahari dari Barat.

Nabi Ibrohim Alaihissalam berkata kepada salah seorang yg mengaku sebagai Tuhan selain Allah, "Sesungguhnya Allah telah menerbitkan matahari dari sebelah Timur, maka silahkan engkau kalau memang engkau Tuhan maka terbitkan Matahari dari Barat." Maka orang kafir tersebut tidak bisa berbuat apa-apa. Lihat suroh Al-Baqarah:258.

Allah Subhanahuwata'ala berfirman:
{أَلَمْ تَرَ إِلَى الَّذِي حَاجَّ إِبْرَاهِيمَ فِي رَبِّهِ أَنْ آتَاهُ اللَّهُ الْمُلْكَ إِذْ قَالَ إِبْرَاهِيمُ رَبِّيَ الَّذِي يُحْيِي وَيُمِيتُ قَالَ أَنَا أُحْيِي وَأُمِيتُ ۖ قَالَ إِبْرَاهِيمُ فَإِنَّ اللَّهَ يَأْتِي بِالشَّمْسِ مِنَ الْمَشْرِقِ فَأْتِ بِهَا مِنَ الْمَغْرِبِ فَبُهِتَ الَّذِي كَفَرَ ۗ وَاللَّهُ لَا يَهْدِي الْقَوْمَ الظَّالِمِينَ} [البقرة : 258]

Allah Subhanahuwata'ala  menjadikan siang maka siapa selain Allah yg bisa mengganti siang menjadi malam?

Tidak ada yg mengatur alam semesta kecuali Allah. Dan tidak ada sesembahan selain Allah yg membantu utk mengatur alam semesta ini.

Oleh karena itu, seorang muslim tidak boleh meyakini bahwasannya ada selain Allah yg mencipta, memberikan rezeki dan juga mengatur alam semesta. Siapapun dia, dan bagaimana pun kedudukannya disisi Allah.

Barangsiapa yg berkayakinan bahwasannya ada selain Allah yg mencipta, memberikan rezeki dan mengatur alam semesta maka dia telah menyekutukan Allah Subhanahuwata'ala.

Wassalaamu'alaikum warohmatulloohi wabarokaatuh.

DR. Abdullah Roy.
Di kota Al-Madinah.

Komentar