Wasiat-Wasiat Rasulullah

3 wasiat Rasulullah Shallallaahu'alaihiwasalam kepada Abu Huroiroh Rhadhiallaahu'anhu:
1. Sholat witir sebelum tidur.
2. Puasa 3hari dalam sebulan.
3. Sholat dhuha 2 rakaat.

Dalam riwayat lain yaitu Abu Dzar yaitu 7hal:
1. Mencintai orang-orang miskin dan dekat dengan mereka.
2. Aku diperintahkan agar melihat ke bawah dan jangan melihat ke atas dari sisi dunia.
Aku diperintahkan agar melihat yang lebih lemah dari aku. Dan jangan melihat orang lebih di atas kita.
3. Aku diperintahkan agar menyambung tali silaturrahmi walaupun dicuekin.
4. Aku diperintahkan agar memperbanyak ucapan laahaulah walaquwwata illlaa billaah.
5. Bicara yang benar walaupun pahit.
6. Menasehati
7. Jangan minta apapun dari orang.

Riwayat Al-Bukhari:

3 wasiat Rasulullah Shallallaahu'alaihiwasalam kepada Abu Dzar:
1. Agar aku mendengar dan mentaati walaupun yang memerintahkanku seorang hamba yang cacat.
2. Apabila kamu buat gulai atau sop maka banyakan kuahnya kemudian bagi-bagi dengan tetangga.
_Ini bukan berarti di sunnahkan membagi kuah kepada tetangga. Tidak. Namun ini adalah indikasi bahwa bagi orang yang pelit tidak punya udzur utk tidak memberi katena pelitnya. Maka berikan kuah pun bolehlah jika anda pelit._
3. Sholatlah kamu tepat pada waktunya walaupun kamu dapatkan imam sudah selesai sholat.
_Ini menunjukkan sholatlah di masjid. Berarti kamu telah menjaga sholat._

Komentar